Random Posts

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 08 Desember 2016

Nganggur Tapi Menghasilkan Uang. Kok Bisa?

http://www.money.id/

Nganggur Tapi Menghasilkan Uang, Kok Bisa? - Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja tidak sebanding  dengan jumlah lapangan pekerjaan yang mampu menyerapnya. Bagaimana tidak di zaman sekarang ini khususnya di indonesia masih banyak sarjana muda yang belum mendapatkan pekerjaan dikarenakan banyak faktor seperti: kurangnya skill dan kemampuan, kurangnya lapangan pekerjaan dan bahkan sulitnya mendapatkan pekerjaan karena adanya persaingan kotor seperti sogok menyogok atau kekuatan relasi dll. Tetapi kamu tidak usah khawatir dengan hal seperti itu karena semua yang ada di dunia ini sudah diberikan rezekinya masing-masing asalkan kamu tetap berusaha dan pintar memanfaatkan peluang.
Meski seorang pengangguran bukan berarti kamu harus tidak produktif. Banyak cara untuk menghasilkan uang walaupun kamu tidak bekerja di suatu perusahaan. Berikut tips yang bisa kamu terapkan

1.        Menjadi Seorang Blogger
Kamu senang menulis? Kamu bisa menghasilkan uang dari cara yang satu ini. Memang untuk membuat artikel yang menarik itu tidak mudah tetapi apabila kamu bersungguh-sungguh untuk melakoninya semua pasti akan diberikan kemudahan. Kamu bisa melatih kemampuan menulis artikel dengan cara melihat referensi referensi dari buku, internet dan dari blogger blogger terkenal. Selain itu kamu juga bisa bergabung ke forum-forum blogger yang ada di kaskus, facebook dll.
Jika kamu berhasil menghasilkan uang setiap bulanya dari blogging, pastinya dapat berguna terutama saat kamu sedang tidak bekerja. Intinya kamu harus pintar dan kreatif sehingga banyak yang mengunjungi blog kamu dan pastinya sponsor akan tertarik bekerja sama dengan kamu.

2.        Menjadi Seorang Wirausaha
Menjadi seorang wirausaha memang tidak semudah membalikan telapak tangan banyak ilmu yang harus dipelajari seperti: memproduksi, memasarkan, me-manage arus keuangan dan lain-lain. Namun di satu sisi menjadi seorang wirausaha bisa berdampak besar bagi dirimu dan orang di sekitarmu. Bagaimana tidak, apabila usahamu berhasil kamu bisa mendapatkan uang yang lebih banyak dibandingkan kamu bekerja di suatu perusahaan. Selain itu kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan.
Ada beberapa referensi usaha yang bisa kamu terapkan
a. Menjual Cemilan. Apabila kamu mempunyai resep makanan ringan yang enak dan beda dari yang lain ini saatnya kamu untuk bergerak. Kamu bisa memanfaatkan warung-warung yang ada di daerah sekitarmu dengan sistem bagi hasil. Selain menitipkan makanan ke warung-warung terdekat, media sosial tempat yang tepat untuk memasarkan produk makananmu
b. Menjual Aksesoris Handphone. Di era yang modern ini hampir setiap orang menggunakan handphone bahkan saya perhatikan anak SD pun sudah menggunakan smartphone. Menurut saya ini peluang yang cukup menjanjikan untuk menghasilkan uang ketika kamu sedang menganggur. Kamu bisa memasarkanya secara online ke situs-situs jual beli seperti: Tokopedia, Bukalapak, Kaskus dan lain-lain. Selain itu kamu juga bisa memasarkan aksesoris handphonemu dengan cara membuka lapak di saat orang-orang sedang lari atau senam pagi di akhir pekan. why not? Asalkan kamu berusaha pasti akan diberi kemudahan.
c. Menjual Hasil Kerajinan Tangan. Untuk kamu yang kreatif dan hobi membuat kerajinan tangan ada baiknya untuk menjual hasil kerajinan tanganmu. Banyak cara untuk memasarkanya salah satunya di situs jual beli online. Intinya kamu harus cerdik memanfaatkan peluang yang ada.

Namun, jangan sampai melupakan untung ruginya. Untuk mendapatkan keuntungan kamu harus memastikan hasil yang didapat harus mampu menutupi modal awal.


3.        Daftar Ojeg Online
Ojeg merupakan salah satu transportasi umum yang ada di indonesia berupa sepeda motor. Dan ojeg ini alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Disamping harganya yang relatif murah, ojeg merupakan salah satu alat transportasi yang cepat dibandingkan dengan kendaraan lainya. nahh.. bagi kamu yang punya motor atau mobil nganggur mending daftar ojeg online, walaupun kamu seorang sarjana tapi apa salahnya jika kamu mengisi waktu luangmu sambil menunggu panggilan kerja dengan gabung ojeg online. Tapi ingat jangan jadikan kegiatan ini sebagai sumber penghasilan tetapmu.

4.        Jasa Download Film dan Games
Kalo dirumahmu terpasang koneksi internet apa salahnya untuk menjadikan waktu menganggur supaya menghasilkan uang dengan menyediakan jasa download film dan games. Kamu bisa memanfaatkan internet dan media sosial untuk mempromosikanya atau kamu juga bisa mempromosikan jasa tersebut melalui bantuan teman atau saudaramu.

5.        Reseller Dropship
Reseller adalah salah satu cara berbisnis melalui internet yang bisa dilakukan oleh siapapun. Banyak sekali produk reseller yang bisa ditawarkan seperti barang elektronik, pakaian pria atau wanita, furniture, kosmetik, obat dan lain-lain. Salah satu kelebihan reseller dropship adalah seorang reseller dropship tidak perlu memikirkan modal pengadaaan barang, karena tugas kamu hanyalah bekerja sama dengan supplier untuk memasarkan produknya.
Untuk menjadi seorang reseller kamu harus menguasai produk yang akan kamu pasarkan selain itu kamu juga harus sabar, kerja keras dan konsisten karena pasar saing seorang reseller lumayan banyak.

6.        Mengajar
Jika kamu memiliki keahlian di bidang tertentu kamu bisa menghasilkan uang dengan cara mengajar. Katakanlah kamu menguasai bahasa inggris kamu bisa menawarkan diri ke tetangga atau temanmu untuk mengajarkan bahasa inggris kepada mereka dengan bayaran yang telah disepakati. Selain kamu bisa menghasilkan uang dari mengajar tentunya kamu juga tetap mengasah skill kamu supaya tidak lupa. Untuk menghasilkan uang dengan cara yang satu ini tentunya tidak mengeluarkan modal yang cukup banyak asalkan kamu bisa meyakinkan orang.

7.        Menjadi Seorang Youtuber
Menjadi seorang youtuber teringat nama yaitu PewDiePie, dia salah satu orang yang sukses menjadi seorang youtuber. Pada tahun 2015 dalam setahun dia menghasilkan uang 12 juta dollar AS. Menjadi seorang youtuber dapat dilakukan oleh siapa saja. Banyak orang yang sekedar iseng mengupload video ke youtube tapi menghasilkan uang. Hanya bermodalkan kreatif, konsisten dan 1 buah channel youtube kamu juga sudah bisa menghasilkan uang. Kok bisa, bagaimana caranya? Intinya untuk menjadi seorang youtuber kamu harus konsisten dengan topik yang ingin kamu bahas, konsisten untuk terus mengupload video berkualitas dan mempertahakan kualitas video dan audio yang kamu upload. Selain kamu harus mempertahankan kualitas video dan audio kamu juga harus mempunyai jadwal untuk posting video. Sebab kenapa? Sebab apabila kamu sudah mempunyai subscriber atau penonton loyal pasti mereka akan menanti video baru yang akan kamu upload.
Kamu bisa memperkenalkan channel youtube kamu ke media sosial. Untuk menjadi seorang youtuber kamu dituntut kreatif, konsisten dan punya ciri khas tersendiri..

8.        Menjual Barang yang Sudah tidak Terpakai
Menjual barang yang sudah tidak terpakai adalah salah satu cara yang tepat untuk menghasilkan uang. Kamu bisa memasarkan barang yang sudah tidak terpakai tersebut ke situs-situs jual beli atau kamu bisa menawarkan ke teman-temanmu.
Jika kamu melihat hal itu seperti tumpukan uang yang besar dan hanya tersimpan di sekitar rumahmu pikirkan untuk menjualnya kembali. Dari pada tidak terpakai lebih baik kamu menjualnya sehingga kamu dapat menghasilkan uang dari barang tersebut selain itu kamu juga bisa memanfaatkan uang tersebut sebagai modal usaha yang telah kamu rencanakan.

9.        Menjadi Seorang Tour Guide
Kamu seorang traveler? Kamu mengetahui tempat-tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi? Selain itu, apakah kamu mengetahui track perjalan ke gunung-gunung? Kamu bisa memanfaatkan pengalamanmu untuk menghasilkan uang. Di era modern ini banyak orang yang ingin menghabiskan waktu liburanya untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang belum pernah di kunjungi untuk melepas penat dari aktivitas rutin setiap harinya.
Untuk menjadi seorang tour guide (pemandu wisata) kamu harus mengetahui segala informasi tentang obyek-obyek wisata karena ini penting agar bisa memberikan saran dan informasi akurat yang menarik bagi wisatawan. Penguasaan bahasa asing, komunikasi yang baik serta ikatan emosional yang kamu miliki akan menjadi nilai tambah dan bisa berimbas untuk waktu mendatang.

10.    Jasa Instalasi Komputer
Perkembangan teknologi menyebabkan dunia komputer sangat cepat mengalami inovasi. Di era modern ini hampir setiap orang menggunakan komputer dari mulai menyelesaikan pekerjaan sampai dengan bermain games, komputer merupakan alat yang sangat berguna untuk menunjang kebutuhan manusia setiap harinya. Dengan demikian tidak bisa di pungkiri bahwa komputer yang setiap hari digunakan lambat laun akan mengalami masalah entah itu masalah hardware atau software.
Tapi beruntunglah kamu apabila kamu mempunyai skill untuk memperbaiki komputer tersebut. Kamu bisa memanfaatkan skill komputermu untuk menghasilkan uang dengan menyediakan jasa instalasi komputer. Dengan hanya bermodalkan kaset instalasi kamu bisa meraup untung dari usaha ini. Selain itu apabila skillmu cukup mumpuni di bidang komputer kamu juga bisa menyediakan jasa seperti jasa servis komputer, menjadi seorang web developer, membuat jasa desain logo, baligo, brosur, spanduk dan lain-lain.

Pengalaman saya menjadi seorang pengangguran itu sangat menyebalkan satu minggu sampai satu bulan sebenernya tidak ada masalah, tapi lama kelamaan membosan sekali apabila hanya menunggu dan berharap panggilan kerja. Oleh sebab itu apa salahnya untuk membuat pengalaman menganggurmu menjadi hal yang lebih menyenangkan, walaupun kamu menganggur tapi kamu bisa mendapatkan uang dan mengisi waktu luangmu dengan mengikuti dan menerapkan tips-tips diatas. Mungkin ada beberapa tips diatas yang membutuhkan modal awal, kamu bisa baca artikel Gampangnyaaa..! Mendapatkan Modal Usaha. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman