Random Posts

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 18 Desember 2016

Gampangnya..! Mendapatkan Modal Usaha


Di zaman sekarang ini banyak sekali anak muda bahkan orang tua yang mengharapkan mempunyai bisnis pribadi, tidak bisa dipungkiri modal merupakan faktor penting yang harus dimiliki untuk memulai bisnis tersebut, banyak sekali orang yang mempunyai rencana bisnis yang matang tetapi terkendala dengan urusan modal. Apakah kamu salah satunya? Jika memang benar begitu mungkin kamu bisa simak tips-tips dibawah ini agar rencana matang untuk memulai bisnis yang akan kamu lakoni bisa terealisasikan

1.        Menjual Barang yang Tidak Terpakai
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di artikel Nganggur Tapi Menghasilkan Uang. Menjual barang yang sudah tidak terpakai adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang, jika kamu melihat hal itu seperti tumpukan uang yang besar dan hanya tersimpan di sekitar rumahmu pikirkan untuk menjualnya kembali. Banyak sekali situs jual beli online, kamu bisa memanfaatkan situs tersebut untuk menjual barang kamu dan tentunya kamu bisa gunakan uang tersebut untuk memulai usaha yang sudah kamu rencanakan sejak lama.

2.        Pinjam dari Bank
Banyak sekali para pelaku usaha memanfaatkan pinjaman dari bank sebagai sarana untuk mendapatkan modal. Kamu bisa meminjam ke bank dengan jaminan aset rumah atau kendaraan. Tapi, kamu tidak usah khawatir apabila kamu tidak mempunyai jaminan, kamu bisa meminjam uang ke bank dengan memakai fasilitas KTA (Kredit Tanpa Agunan). dengan fasilitas ini kamu bisa mendapatkan uang tanpa memberikan jaminan apapun. Tapi untuk fasilitas KTA ini biasanya bunga yang diberikan lebih besar dibandingkan fasilitas dengan jaminan.
Untuk mendapatkan modal dengan cara meminjam ke Bank, kamu harus pintar dalam mengatur keuangan, karena apabila kamu tidak pintar dalam mengatur keuangan yang ada kamu akan terbebani dengan angsuran setiap bulanya. Selain itu kamu juga harus memperhatikan tenor cicilan, semakin lama jangka waktu pinjaman maka akan semakin besar juga bunganya.

3.        Menggadaikan Barang
Kamu adalah tipe orang yang tidak terbiasa menjual barang? kamu bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu menggadaikan barang. Penggadaian merupakan tempat yang cocok untuk menggadaikan barang, sebisa mungkin hindari menggadaikan barang di jasa gadai pinggir jalan. karena jasa gadai pinggir jalan legalisasi usahanya belum diakui oleh pemerintah disamping itu bunga pinjaman yang diberikan relatif tinggi serta barang yang digadai tidak memiliki jaminan keamanan.
Oleh sebab itu usahakan untuk menggadaikan barang ke penggadaian resmi pemerintah, ada beberapa keuntungan apabila kamu menggadaikan barang di penggadaian seperti proses pencairan dana relatif cepat, bunga yang ditawarkan rendah, penggadaian resmi diakui oleh pemerintah dan barang yang akan kamu gadai akan terjamin aman.

4.        Klaim Asuransi
Dulu pernah bekerja di suatu perusahaan? Apakah perusahaanmu memberikan jaminan kesehatan kepadamu dengan diberikan kartu BPJS Ketenagakerjaan? Kalo memang pernah bekerja dan kamu masih mempunyai kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu bisa mendapatkan uang dengan cara klaim asuransimu, kamu bisa datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat atau kamu juga bisa klaim asuransimu secara online. Dokumen-dokumen yang harus di siapkan untuk klaim asuransi adalah:
  • Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan
  • KTP
  • KK
  • Paklaring

Jangan lupa untuk memfotocopy dokumen-dokumen tersebut masing-masing satu lembar dan juga menyertakan dokumen yang asli. Dan untuk fotokopi paklaring harus di legalisir oleh disnaker.

5.        Meminjam dari Kerabat
Selain beberapa cara mendapatkan modal usaha yang telah disebutkan tadi, meminjam dari kerabat seperti teman, saudara ataupun orang tua mempunyai faktor kelebihan yaitu bisanya pinjaman yang diberikan bebas bunga. Tapi ingat meminjam dari kerabat lebih besar beban morilnya karena semakin lama kamu meminjam kamu akan merasa tidak enak dan malu.
Maka dari itu kamu harus menjelaskan seberapa lama kamu membutuhkan dana itu dan berapa lama kamu akan mengembalikanya.

6.        Modal dari Konsumen
Kamu bisa mendapatkan modal dari konsumen dengan sistem bayar di muka. Katakanlah kamu berbisnis di bidang pakaian pria, kamu bisa membuat sketsa atau gambaran baju, jaket atau sweater yang akan kamu jual kepada konsumen dengan bayaran 30% uang di muka (preorder) dengan waktu pesanan seminggu si konsumen bisa mendapatkan barang yang dipesan. Dengan sistem ini kamu bisa menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan modal.

7.        Modal dari Pemerintah
Ternyata pemerintah tidak tinggal diam dalam urusan memberikan modal usaha kepada masyarakat, selain itu juga pemerintah melalui Kementerian Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengadakan acara kepelatihan wirausaha di tanah air. Kamu bisa mendapatkan modal usaha dengan mengikuti program yang di adakan pemerintah ini. Selain mendapatkan modal usaha kamu juga mendapatkan ilmu dan pengalaman dari pelatihan-pelatiha yang kamu ikuti.

8.        Crowfunding
Apakah kamu mengenal Crowfunding? Crowfunding bukan nama orang loh. Crowfunding adalah praktik penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha yang umumnya dilakukan melalui internet. kamu bisa mendapatkan modal usaha dengan memanfaatkan cara ini, caranya kamu hanya perlu mempromosikan ide kamu semenarik mungkin untuk mendapatkan sumbangan. Beberapa situs crowfunding yang terkenal di indonesia adalah KitaBisa.com Wujudkan.com dan AyoPeduli.com

Banyak sekali cara untuk mendapatkan modal usaha asalkan kamu jeli dan pintar memanfaatkan peluang, beberapa tips diatas bisa kamu terapkan untuk kamu yang ingin memulai usaha yang mempunyai kendala dalam urusan modal. intinya jangan terlalu banyak berangan-angan dan berencana karena semua itu akan sia-sia tanpa adanya tindakan. Move now and get money.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman